Kumpulan kata-kata dan ucapan untuk berbagai momen.

Monday 6 August 2018

Tips Menghemat Pengeluaran Bagi Anda Yang Boros

Loading...
Cara Agar Bisa Hemat Pengeluaran - Apakah kamu merasa pengeluaranmu begitu besar melebihi pendapatan setiap bulan? Atau apakah kamu seringkali kekurangan uang sebelum tiba di tanggal gajian berikutnya? Jika jawabannya iya, maka kamu perlu untuk mengatur ulang pengeluaranmu agar tidak dicap sebagai orang yang boros.

Pengeluaran yang tidak dipantau akan menguras isi dompet secepat kilat sehingga tanpa disadari seringkali kita kehabisan uang sebelum masuk ke bulan berikutnya. Jika hal tersebut terus dibiarkan, kondisi keuangan akan berada pada titik kritis, dan jika sudah menjadi kebiasaan akan sedikit membutuhkan waktu untuk mengatasinya.


Banyak orang yang tidak menyadari banyak sekali kebiasaan yang ternyata dapat menyebabkan pengeluaran membludak. Nah, jika kamu tidak ingin menangisi dompetmu yang kosong sebelum masuk tanggal gajian, kamu perlu mengetahui cara agar bisa hemat pengeluaran seperti berikut ini.

Tips menghemat pengeluaran agar bisa menabung

1. Buat List Kebutuhan Bulanan

Buat urutan barang yang perlu dibeli setiap bulan berdasarkan skala prioritas, dahulukan untuk membeli barang yang benar-benar penting dan dibutuhkan. Belanja bulanan dalam sekali waktu akan lebih hemat karena kita tidak perlu bolak-balik ke toko atau supermarket. Jika uang berlebih, sebaiknya masukkan ke dalam dompet khusus untuk uang berlebih dari budget sehingga itu bisa menjadi tabunganmu untuk keperluan mendadak.

2. Tetapkan Anggaran Bulanan

Saat kamu menerima gaji atau pemasukan lainnya, segera tetapkan besarnya anggaran untuk setiap barang atau kepentingan. Jadi tidak ada alasan kamu kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan yang satu karena menutupi kebutuhan lainnya.

3. Tetapkan Tanggal Belanja Bulanan

Mungkin terdengar sepele, namun dengan menetapkan tanggal belanja bulanan kamu bisa lebih berhemat. Biasanya sebuah supermarket akan mengadakan diskon khusus pada hari atau tanggal tertentu setiap bulannya. Jika kamu jeli dengan diskon tersebut, maka kamu bisa mendapatkan barang kebutuhanmu dengan harga yang miring.

4. Belanja Saat Kenyang

Seringkali kita singgah di sebuah warung makan atau tempat menjual cemilan saat sedang berbelanja. Hal tersebut karena kita selalu lapar mata dan ingin membeli segalanya saat sedang memiliki uang. Nah, agar hal tersebut dapat dihindari, kenyangkan perut sebelum pergi berbelanja. Jadi kamu tidak perlu memikirkan untuk mencari makanan lagi ketika berbelanja.

[ Baca juga : Tips menjadi orang sukses ]

5. Membawa Uang Secukupnya

Meskipun kamu punya uang berlebih, jangan biasakan membawa uang melebihi dari anggaran atau list yang telah dibuat. Jadi kalaupun kita tergiur untuk membeli sesuatu yang tidak penting, kita tidak bisa membelinya karena uang yang dibawa tidak cukup untuk membeli yang lain.

Demikian artikel cara agar bisa hemat pengeluaran, jika kelima cara tersebut dilakukan dengan baik, maka kamu tidak perlu takut akan kehabisan uang sebelum waktunya. Justru dengan begitu kamu jadi bisa menabung sedikit demi sedikit.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Menghemat Pengeluaran Bagi Anda Yang Boros